Beranda > Peralihan Global Segera Menuju Pola Makan Nabati > Pendidikan Mulia Harus Mengajarkan Gaya Hidup Hijau yang Sehat

 

Share

Pendidikan Mulia Harus Mengajarkan Gaya Hidup Hijau yang Sehat

Rumah kita sedang kebakaran. Planet kita sedang dalam bahaya. Anda [para pendidik] harus memberitahu mereka. Anda harus mengambil tindakan segera. Beritahu mereka apa yang harus dilakukan. Tuntun mereka menuju kehidupan yang lebih baik. Anda adalah panutan mereka dan mereka akan berterima kasih.

Memberitahu Anak-anak

Kita harus memberitahu mereka.Kita harus mengarahkan dan memberitahu mereka dengan jujur tentang apa yang sedang terjadi pada planet kita dalam hal pemanasan global dan membiarkan mereka mengetahui semua metode untuk mempersiapkannya agar kita bisa mengurangi pemanasan global dan mungkin menghentikannya sama sekali.

Hati anak-anak sangatlah suci dan murni; mereka dengan mudah bisa menerima panduan dari para orang tua.Oleh karena itu, kita harus berhati-hati menjelaskan kepada mereka mengenai apa yang baik bagi planet ini.

Setelah dijelaskan, mereka akan langsung mengerti dan seketika mengambil tindakan sesuai dengan apa yang Anda inginkan.Ini karena anak-anak menghormati para orang tua.Namun kita harus menjadi panutan terlebih dahulu.

Anak-anak vegan menikmati buah, sayuran dan kue apel yang lezat

Kita adalah orang-orang tua; kita sendiri harus menjadi teladan terlebih dahulu, setelah itu kita baru bisa mendidik mereka karena anak-anak belajar dari contoh; mereka belajar dari teladan cemerlang lebih daripada hanya berbicara. Oleh karenanya, sebagai orang dewasa kita harus menjadi teladan cemerlang; kita harus melakukan yang terbaik.

Kita lakukan apa yang baik bagi planet ini supaya anak-anak dapat mewarisi warisan indah yang kita tinggalkan bagi mereka. Kita harus melakukan apa saja yang dibutuhkan meski harus berkorban besar; tapi sebenarnya, kita tak perlu mengorbankan apa pun. Kita hanya perlu menyingkirkan sepotong daging itu dan menggantinya dengan sepotong tahu.

Mengerahkan Generasi Muda

Sepertinya para remaja lebih tertarik dengan mode dan hal-hal lain daripada situasi yang mendesak saat ini. Namun mereka juga sering kali menjadi orang yang paling terbuka pikirannya. Mereka cerdas, mereka mudah, mereka adalah kelompok orang yang mudah terkesan dan jujur. Sekali mereka mengerti hubungan antara pemanasan global dan kehidupan mereka, mereka mungkin benar-benar memutuskan untuk melakukan sesuatu. Anda akan terkejut, khususnya jika mereka mengerti bahwa apa yang mereka lakukan dapat benar-benar membuat perbedaan, mereka mungkin menjadi orang pertama yang bertindak. Mereka hanya butuh pemimpin yang baik seperti Anda.

Dua kajian terbaru menemukan bahwa anak muda adalah yang paling mungkin menjadi sukarelawan.[i] Ini hanya mengatakan bahwa anak muda di zaman ini memiliki banyak energi dan bisa menjadi sebagian dari orang-orang yang paling penuh perhatian.

Jadi Anda bisa mendorong mereka dengan membantu mereka menemukan cara-cara aktif untuk menunjukkan kepedulian dan kasih mereka. Anda juga bisa membantu mereka mengerti betapa sungguh mendesaknya pemanasan global. Tunjukkanlah kepada mereka sisi manusiawi dari pemanasan global, kisah nyata dari manusia dan hewan yang menderita karena hal ini, misalkan, keluarga-keluarga di negara-negara kepulauan yang harus pindah atau berencana pindah, karena mereka melihat air akan datang merendam rumah-rumah mereka – atau, dalam beberapa kasus, sudah terjadi – karena naiknya pemukaan laut.

Atau perlakuan tak berperikemanusiaan terhadap hewan-hewan di dalam rumah jagal atau eksperimen kosmetik – ada banyak film mengenai ini. Kami telah menyiarkannya setiap hari Selasa dalam acara “Hentikan Kekejaman Terhadap Hewan” di Supreme Master Television. Ini kekejaman yang tak terbayangkan. Ini di luar standar manusia dan moral. Ini merendahkan martabat kita untuk memperlakukan hewan seperti ini. Jadi, jika Anda menunjukkan kepada mereka sebagian dari kebenaran ini, bagaimana hewan menderita untuk cita rasa manusia, Anda akan membangkitkan sifat welas asih alami para murid itu, dan mereka akan memutuskan guna melakukan sesuatu untuk hal itu.

Atau, Anda bisa menunjukkan bagaimana burung-burung yang bermigrasi harus terbang semakin jauh untuk menemukan tempat untuk bersarang, dan beruang kutub berenang semakin jauh sekarang karena tidak ada es lagi hingga kadang-kadang mereka tenggelam karena kelelahan, atau mengapa negara tetangga mengalami banyak banjir di tahun-tahun terakhir ini, begitu banyak bencana, dan lain-lain.

Ceritakan kepada mereka bagaimana perubahan iklim mempengaruhi kehidupan yang nyata bagi hewan, manusia, serta kehidupan mereka sendiri. Lalu, para remaja itu akan sadar bahwa menghentikan perubahan iklim lebih penting daripada semua yang lain, segala sesuatu yang penting bagi mereka di dunia ini, bahkan sebelum pekerjaan, sebelum uang, dan bahkan sebelum bersenang-senang, sebab tanpa iklim yang stabil dan sebuah planet yang hidup, tidak ada yang bisa menikmati hal-hal yang ingin kita nikmati atau melakukan hal-hal yang ingin kita lakukan.

Tetapi, juga penting untuk menunjukkan kepada kaum muda bahwa masih ada harapan; kita masih dapat menyelamatkan Bumi. Anda bisa memberitahu mereka ini: Ini suatu kesempatan untuk menjadi pahlawan sejati dengan menjadi vegan dan menyebarkan berita tentang solusi ini. Mereka dapat menyelamatkan nyawa, termasuk jiwa mereka sendiri, tetapi juga nyawa orang di seluruh dunia dan nyawa para satwa yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia.

Jika Anda menjelaskan semua keuntungan dari menjadi vegan – untuk diri pribadi, untuk para hewan, untuk orang-orang yang kelaparan, untuk anak-anak yang kelaparan – mereka akan menyukainya dan mereka akan sangat bersemangat karena mereka mengetahui mereka dapat benar-benar membuat perbedaan.

Anak-anak muda itu sering kali menjadi yang paling siap untuk mengubah gaya hidupnya jika mereka tahu alasannya. Kelompok usia mereka juga, dalam banyak kasus, yang pertama dapat melihat bahwa veganisme itu baik, benar. Jadi, saya pikir jika kita menjelaskan kepada mereka dengan masuk akal bahwa ini adalah tindakan terpenting untuk menyelesaikan pemanasan global, mereka akan termotivasi. Mereka akan mendukung Anda. Mereka akan ada di belakang Anda. Mereka akan melakukannya.

Membantu untuk Memulai Makan Siang Vegan di Sekolah

Banyak penelitian sekarang yang menunjukkan manfaat program makan siang dan makanan ringan yang sehat di sekolah. Anak-anak bahkan diketahui dapat berkonsentrasi dengan lebih baik bila mereka makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran segar.

Ibu negara Amerika sekarang selalu memperkenalkan buah-buahan dan sayuran segar untuk anak-anak Amerika. Dan jika kita membantu sekolah untuk memahami manfaat ini, mereka sendiri mungkin juga akan menjalankannya secara luas. Sekarang ini, banyak sekolah dan orang tua bahkan menanam sayuran di sekolah atau di kebun rumah bersama anak-anak, dan anak-anak sangat menyukai kegiatan ini, karena mereka lebih banyak makan sayuran yang mereka tanam sendiri!

Kita juga bisa memberitahu anak-anak kita bahwa dengan menjadi vegan, mereka secara langsung membantu menyembuhkan dan menyelamatkan planet kita, menolong orang tua, menolong diri mereka sendiri dan semua kehidupan di dunia ini. Anak-anak mempunyai hati yang penuh kasih. Jadi, bila mereka tahu bahwa dengan menjadi vegan mereka bisa menyelamatkan banyak kehidupan, mereka pasti akan sangat, sangat ingin melakukannya. Kita ingin agar bisa meninggalkan sebuah dunia untuk anak-anak, dunia yang hijau dan indah, dunia dimana manusia dan hewan hidup bersama dengan damai. Mereka akan suka membantu agar hal ini terjadi.


[i] Dalam Survei Nasional Tentang Memberi, Bersukarela dan Berpartisipasi (NSGVP), Statistik Canada mewawancarai 2.389 warga Kanada yang berusia 15 sampai 24. Lihat Susan Pedwell, “Saya ingin membuat perbedaan,” Canadian Living, http://www.canadianliving.com/life/community/i_want_to_make_a_difference.php.

 

Sebelumnya   Berikutnya

Atas

Copyright © Crisis2Peace.org