Beranda > Kata Pengantar

 

Share

KATA PENGANTAR

Dalam berbagai konferensi video, wawancara dengan para jurnalis, dan pertemuan dengan para siswa di tahun-tahun terakhir ini, Maha Guru Ching Hai telah berbicara tentang keadaan darurat yang terus meningkat tentang krisis iklim di Bumi saat ini. Sebagaimana yang beliau nyatakan, “Planet kita adalah sebuah rumah yang sedang terbakar. Jika kita tidak bekerja sama dengan semangat kesatuan untuk memadamkan api itu, kita tidak akan memiliki rumah ini lagi.” Tetapi beliau juga memberikan solusi yang mengangkat bagi umat manusia, solusi yang dengan mudah dapat dilakukan oleh setiap individu: “Jadilah vegan untuk menyelamatkan Bumi.”

Ketika krisis meningkat, bencana-bencana alam merenggut puluhan ribu jiwa dan mengusir jutaan dari rumah-rumah mereka, dengan kerugian finansial hingga miliaran dolar. Meningkatnya permukaan air laut telah menenggelamkan 18 negara-negara kepulauan dan mengancam banyak lainnya. Selain itu, pola curah hujan yang tidak menentu dan meningkatnya kekeringan telah mempengaruhi banyak wilayah, karenanya hal ini memperparah kekurangan pangan dan air. Dan para ahli iklim memperingatkan akan datangnya kondisi cuaca yang jauh lebih ekstrem, dengan kemungkinan adanya “pemanasan global tak terkendali.”

Dalam buku ini Maha Guru Ching Hai menyajikan faktor-faktor utama yang terkait dengan pemanasan global, dan yang lebih penting, akar penyebabnya: industri peternakan.

Faktanya, banyak penelitian ilmiah yang mendukung pandangan Maha Guru Ching Hai, yang telah beliau jabarkan selama lebih dari dua puluh tahun. Pemeliharaan hewan untuk makanan tidak hanya memboroskan jumlah air yang berharga, tanah, dan energi yang tak terhingga, tetapi juga menyumbang bagi 51% emisi gas rumah kaca di planet ini secara mengejutkan.

Karena itu, seperti yang Maha Guru Ching Hai katakan, adalah hal yang logis bahwa menghentikan produksi daging dan “menjadi vegan” atau menerapkan pola makan nabati akan segera mengurangi suhu global, memulihkan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh peternakan dan mengurangi biaya-biaya untuk meredam perubahan iklim sampai triliunan dolar. Juga, peralihan itu mampu mencapai hasil-hasil tersebut hampir sepenuhnya tanpa dampak negatif bagi planet ini dan masyarakat. Kebalikannya, memangkas karbon dioksida yang dihasilkan oleh industri dan sektor transportasi dapat menimbulkan dampak kehancuran ekonomi. Lebih jauh lagi, sebagian besar teknologi hijau membutuhkan waktu tahunan untuk berkembang, sementara pemotongan emisi metana dapat dicapai seketika dengan setiap hidangan vegan. Jadi menerapkan cara hidup vegan adalah solusi termudah, tercepat, dan termurah bagi krisis iklim, dan juga merupakan satu-satunya penyelamat kita karena kita tidak punya banyak waktu.

Banyak ahli iklim, aktivis lingkungan, dan pejabat pemerintah mulai mendukung pendekatan ini untuk menyelamatkan Bumi dari dampak perubahan iklim yang terburuk. Suara-suara mereka terangkum dalam laporan Perserikatan Bangsa Bangsa Juni 2010 yang mendorong transisi global dari pola makan hewani ke nabati, menggaungkan permohonan genting Maha Guru Ching Hai: Siapa pun yang memiliki kekuasaan untuk mengambil keputusan harus mengambil langkah berani untuk memberlakukan hukum yang segera memfasilitasi peralihan ini.

Mungkin yang bahkan jauh lebih merusak dibandingkan jejak-jejak karbon kita yang telah menyebabkan krisis iklim ini adalah jejak-jejak berdarah yang kita ciptakan dalam penjagalan miliaran hewan ternak tak berdosa setiap tahunnya. Maha Guru Ching Hai memperingatkan bahwa kejahatan moral ini telah mencapai proporsi global, dimana tindakan kekerasan kita kembali kepada kita dalam bentuk bencana-bencana alam: “Apa yang kau tabur, itulah yang kau tuai.” Hal ini adalah ajaran universal yang ditemukan dalam seluruh kitab suci agung di dunia.

Memang, umat manusia sedang menghadapi titik balik krusial. Kita hanya punya satu kesempatan untuk menyelamatkan planet ini dan sekaranglah saatnya. Hanya dengan menerapkan pola makan nabati yang penuh kasih, menyelamatkan hidup maka kita dapat mengusir kegelapan yang menyelimuti kita. Dan langkah kecil ini nantinya akan memacu umat manusia ke tingkat kesadaran yang lebih tinggi. Kita akan memulihkan keharmonisan di planet Bumi sehingga menuntun kita menuju Zaman Keemasan yang damai, indah, dan penuh kasih. Sebagaimana yang dijanjikan oleh Maha Guru Ching Hai, kita akan menikmati Surga di Bumi.

Marilah kita semua meraih kesempatan ini dan melakukan perubahan hari ini. Marilah kita semua memilih untuk berevolusi dan mengangkat peradaban dan planet kita.

Staf Editorial

 

 

Sebelumnya   Berikutnya

Atas

Copyright © Crisis2Peace.org