Beranda > Kata Pengantar

 

Share

Biografi Singkat Maha Guru Ching Hai

Maha Guru Ching Hai adalah seorang tokoh kemanusiaan terkenal dunia, pemerhati lingkungan, penulis, seniman, perancang busana dan perhiasan, musisi, sutradara, dan guru spiritual, yang kasih dan kepeduliannya terhadap kemanusiaan melampaui semua ras dan batas negara. Sejak awal tahun 1980-an beliau juga telah menjadi salah satu pelopor ekologi yang paling berdedikasi, mempromosikan perlindungan lingkungan, pelestarian keanekaragaman hayati, reboisasi, hidup berkelanjutan dan yang terpenting, pola makan vegan organik yang merupakan cara tercepat dan paling efektif untuk mengatasi krisis iklim.

Dengan tekad teguh, beliau mencurahkan waktu dan sumber dayanya untuk menyadarkan dunia akan dampak yang sangat merugikan dari perubahan iklim dan vegan sebagai solusinya. Dari tahun 2006 hingga 2008 beliau membuat kampanye Cara Hidup Alternatif dan SOS Pemanasan Global serta mendirikan Loving Hut, jaringan restoran vegan internasional yang berkembang dengan sangat cepat di dunia, dengan bantuan Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai yang terinspirasi oleh teladannya. Beliau juga menerbitkan majalah berita, menulis buku, membuat film dokumenter Pahlawan Sejati 2005, membuat serial TV The King & Co., dan menginspirasi banyak orang dalam penyiaran konferensi-konferensi iklim internasional di Supreme Master Television, sebuah saluran TV satelit global yang mengudara 24 jam sehari, menyiarkan berita tentang iklim yang komprehensif, pola makan vegan, dan topik-topik mengangkat lainnya. Sebagai hasil dari upaya-upaya ini, mottonya "Jadilah vegan, Bertindaklah Hijau untuk Menyelamatkan Bumi” telah menyebar ke seluruh dunia, menginspirasi umat manusia untuk menjalankan gaya hidup vegan yang sehat, berkelanjutan, dan karenanya membawa perdamaian dan harmoni ke tingkat yang lebih tinggi.

Melalui teladan kebaikannya, Maha Guru Ching Hai juga mengingatkan kita akan kebaikan dan kasih di dalam batin kita bagi semua ciptaan Tuhan. Pengetahuan yang dalam yang beliau dapat melalui pencapaian spiritualnya memungkinkannya mengenali penyebab penderitaan manusia, perpecahan sosial dan kerusakan lingkungan, yaitu kekerasan yang kita lakukan terhadap makhluk lain. Karenanya, Maha Guru Ching Hai menulis buku terlaris internasional #1 Burung-burung dalam Hidupku, Anjing-anjing dalam Hidupku, dan Satwa Liar yang Mulia. Permata sastra ini diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, menyingkap pikiran dan perasaan yang mendalam dari hewan sesama penghuni Bumi kita yang berharga, menyoroti sifat Keilahian dan kasih tanpa syarat mereka.

Lahir di Au Lac (Vietnam) tengah, Maha Guru Ching Hai belajar di Eropa dan bekerja di Palang Merah. Dengan segera beliau menyadari bahwa ada penderitaan di seluruh penjuru dunia dan kerinduannya untuk menemukan satu penyembuh menjadi tujuan utama dalam hidupnya. Beliau kemudian melakukan sebuah perjalanan ke Himalaya dalam pencarian pencerahan spiritual dan akhirnya menerima transmisi Ilahi Cahaya dan Suara Batin, yang kemudian beliau sebut Metode Quan Yin. Setelah satu periode latihan yang tekun, Maha Guru Ching Hai mencapai Pencerahan Sempurna. Segera setelah kembalinya dari Himalaya, atas permintaan dari orang-orang di sekitarnya, Maha Guru Ching Hai mulai berbagi Metode Quan Yin, mendorong murid-muridnya untuk melihat ke dalam batin untuk menemukan keagungan Ilahi mereka sendiri. Setelah itu beliau menerima undangan-undangan untuk memberikan ceramah di Amerika, Eropa, Asia, Australia dan Afrika. Hati penuh kasih Maha Guru Ching Hai juga tercermin dari perhatiannya terhadap orang-orang yang kurang beruntung. Penghasilan yang didapatnya dari penjualan karya-karya seni mampu mendukung misinya untuk memberi kenyamanan kepada anak-anak Tuhan yang memerlukan bantuan melalui tindakan bantuan-bantuan bencana dan pekerjaan amal.

Meskipun tidak mencari pengakuan atas pekerjaan kemanusiaannya, Maha Guru Ching Hai telah menerima penghargaan dari banyak pemerintah dan organisasi di seluruh dunia, di antaranya Penghargaan Perdamaian Dunia, Penghargaan Kepemimpinan Spiritual Dunia, Penghargaan untuk Promosi Hak Asasi Manusia, Penghargaan Kemanusiaan Warga Dunia, Penghargaan Pelayanan Luar Biasa Bagi Umat Manusia, Penghargaan Perdamaian Gusi 2006, Penghargaan Sertifikat Musik Mingguan Los Angeles, Hadiah Perak Pertama dalam perayaan tahunan ke-27 Penghargaan Telly 2006, Penghargaan Gaya Hidup Aktif Kepresidenan dari mantan Presiden Amerika Serikat George W. Bush, dan Penghargaan Pelayanan Sukarelawan Presiden 2010 dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Selain itu, tanggal 25 Oktober dan 22 Februari dinyatakan sebagai Hari Maha Guru Ching Hai di Amerika Serikat oleh pejabat pemerintah di Hawaii dan Illinois. Ucapan selamat selama perayaan pemberian penghargaan di Illinois, datang dari mantan Presiden AS, Clinton, Bush, dan Reagan. Dan untuk menghargai individu-individu berbudi dan menginspirasi orang lain dengan teladan mereka, Maha Guru Ching Hai juga membuat seri Penghargaan Cemerlang Dunia untuk menghargai orang-orang serta hewan-hewan yang layak atas tindakan kepahlawanan, cinta kasih, kepemimpinan, keberanian atau kecerdasan mereka yang luar biasa.

Karenanya Maha Guru Ching Hai dengan tanpa pamrih membaktikan hidupnya untuk menciptakan masa depan yang indah bagi planet kita tercinta beserta penghuninya yang berharga. Sepanjang sejarah para visioner besar telah mempunyai mimpi-mimpi, dan Maha Guru Ching Hai menyampaikan mimpinya sebagai berikut: "Saya mempunyai sebuah mimpi. Saya berharap agar seluruh dunia menjadi damai. Saya berharap agar seluruh pembunuhan akan berhenti. Saya berharap agar seluruh anak-anak dapat berjalan dalam kedamaian dan harmoni. Saya berharap agar seluruh negara saling berjabat tangan, saling melindungi, dan saling membantu. Saya berharap agar Bumi kita yang indah ini tidak akan dihancurkan. Karena diperlukan miliaran tahun untuk membuat Bumi ini dan Bumi ini sangat indah, sangat mengagumkan. Saya berharap agar Bumi ini akan terus ada, tapi dalam kedamaian, keindahan, dan kasih."

 

Sebelumnya   Berikutnya

Atas

Copyright © Crisis2Peace.org